AYAM BETUTU

Kuliner Indonesia – Di Yogya memang dikenal ada bermacam jenis menu dari ayam. Ada ayam kampung maupun ayam potong. Yang paling dikenal adalah jenis menu ayam goreng atau ayam bakar. Pada jenis menu disebut terakhir ada beberapa model ayam bakar, misalnya ayam bakar wong solo. Pada ayam goreng, yang paling lama dikenal di Yogya, misalnya, ayam goreng ‘mBok Sabar’, ayam goreng ‘Ny.Suharti’, ayam goreng ‘Kalasan’. Ada juga ayam goreng ‘Bu Tini’ dan bermacam jenis menu ayam goreng lainnya yang mewarnai Yogyakarta.

Ini ada satu jenis menu yang rasanya agak lain dan masih menggunakan bahan ayam kampung sebagai bahan pokoknya. Memang, jenis menu ini tidak berasal dari Yogyakarta, melainkan menu yang dikenal dari Bali. Ayam Betutu, begitulah nama menu yang bisa ditemukan di Yogya, di wilayah jalan Damai, melalui jalur lintas jalan Kaliurang, kira-kira pada Km 11 akan ditemukan jalan Damai. Di pinggir jalan kaliurang sudah ada papan nama ‘Ayam Betutu’ dari Gilimanuk. Atau bisa juga melalui jalur jalan Monjali. Dari perempatan Monjali ke arah utara, sampai pada pertigaan ke arah timur, masuk jalan Damai, nanti akan bertemu papan nama “Ayam Betutu’. Di jalan Damai ini, ada jalan Watugede No 2, Mudal Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Disinilah resto ,Ayam Betutu’ mengambil tempat.

Ayam Betutu memberikan cita rasa yang berbeda dibandingkan menu ayam lainnya yang ada di Yogya. Bumbu rempah-rempah dari Bali, tampaknya memberikan cita rasa tersendiri. Namun jangan kaget, bahwa ayam betutu disajikan dengan rasa pedas, sehingga bisa membuat penikmatnya mudah sekali berkeringat. Kuahnya yang berwarna kuning, menandakan kalau proses memasaknya tidak melupakan kunir. Pada orang Yogya, kalau membeli bumbu dapur di pasar ataupun warung, pastilah sudah ada kunir didalan bumbu dapur kemasan. Model masaknya, tanpaknya menyerupai proses di Yogya, yang menggunakan bumbu dapur. Hanya kelengkapan rempah dari Bali, yang tampaknya memberikan cita rasa lokal Gilimanuk, Bali.

Daging ayamnya sangat empuk, sehingga tidak perlu mengunyah dengan keras. Kelengkapan dari ayam betutu dengan rasa pedas ini, ada sayur bayam berikut sambalnya. Ada sambal khas Gilimanuk, dan ada kacang. Ketiganya melengkapi untuk menmyantap ayam betutu. Sepring nasi, terasa kurang untuk melengkapi ayam betutu.

Ayam betutu disajikan secara utuh, ataupun hanya setengah, atau juga sudah ada yang dipotong. Untuk satu ayam utuh, harganya Rp. 55.000. Untuk setengah ayam utuh, harganya Rp 30.000, sudah termasuk kelengkapan sayur, sambal dan kacang. Hanya saja perlu tambah nasi dan minuman. Karena, nasi tidak termasuk paket kelengkapan.

Berbeda dengan menu ayam di Yogya lainnya, meskipun sama-sama menggunakan kuah, misalnya opor ayam. Pada opor ayam sudah diptong-potong dan santannya kental sekali, selain itu minyaknya memberi nuansa kekentelan santan. Pada ayam betutu, kuahnya encer dan seperti tidak menggunakan santan. Jadi, ayam betutu memang hadir di Yogya, tetapi dengan citara rasa Gilimanuk.

Ah, ayam betutu, tidak perlu datang ke Gilimanuk untuk menikmatimu. Di Yogyapun ternyata tersedia pula ayam betutu. Selain Yogya, ternyata di Jakarta juga ada, dan semuanya merupakan cabang dari ayam betutu di Bali. Ada bermacam pilihan menu ayam betutu, yang menggunakan kuah, aatau ayam betutu goreng Atau juga bebek betutu. Tinggal pilih mana yang suka. Kalau tidak memilih satu ekor ayam betutu, atau setengah ekor. Cukup ambil yang seperempat ekor + nasi, harganya Rp.25.000,- Selain itu, tersedia pula nasi campur Bali, atau lawar.

Begitulah, di Yogya bisa menikmati ayam betutu khas dari Bali.

Makan yuk..!

Sumber : tembi.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s