NASI LENGKO PAK YANTO Citarasa Asli Cirebon

Nasi Lengko

Kuliner Indonesia – Kuliner nusantara banyak bermunculan di Yogyakarta sehingga tidak perlu ke daerah asal untuk menikmatinya. Salah satunya menu tradisional khas Cirebon yaitu Nasi Lengko ‘Pak Yanto’ di sebelah selatan Mandala Krida Kota Yogyakarta.

Menu ini cukup banyak penggemarnya selain nasi jamblang, empal gentong dan docang. Nasi lengko adalah makanan lokal nusantara yang masuk kategori makanan vegetarian. Seperti gado-gado, pecel, atau lotek, menu ini menggunakan bumbu atau saus kacang sebagai perasa utamanya.

Menurut Pak Yanto sang penjual, nasi lengko merupakan masakan yang cukup mudah dalam proses pembuatan maupun pencarian bahan-bahannya. Soal harga tak perlu kuatir karena sangat ramah di kantong dan dibanderol Rp5ribu.

“Bahan utamanya adalah tempe dan tahu. Untuk pelengkap agar rasa lebih nikmat, ditambahkan tauge, kobis, dan irisan mentimun. Kalau disini ditambah kerupuk, agar lebih renyah,” ujarnya.

Dia menjelaskan proses pembuatan seporsi nasi lengko, yaitu tempe dan tahu yang sudah digoreng harus diiris persegi terlebih dahulu. Kemudian tuangkan nasi ke atas piring sesuai keinginan. Letakan irisan tahu, tempe, kol, tauge dan irisan mentimun di atas nasi. Kemudian siram dengan sambal kacang sesuai selera, dan diberi kerupuk yang sudah diremas.

“Saus kacang lebih enak kalau dicampur kecap. Kalau tidak suka nasi bisa diganti dengan kupat. Warung buka setiap hari kecuali Jumat mulai Pukul 09.00 – 15.00 WIB. Kami juga menyediakan Ketoprak Jakarta dengan harga Rp5 ribu,” paparnya.

Sumber : krjogja.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s